28 November 2023
Rekomendasi Outfit Natal Paling Cocok di Tahun 2023

Momen Natal selalu dinanti oleh umat Kristiani setiap tahunnya. Selain beribadah, momen Natal juga dimanfaatkan untuk berkumpul dan berpesta bersama keluarga besar, teman, atau rekan kerja. Nah, di artikel ini kami akan membantu Anda menemukan baju Natal yang kekinian untuk para wanita. 


Cara memilih baju Natal untuk wanita

Agar Anda tidak bingung saat memilih baju pesta Natal, kami akan membantu Anda memilihnya. Selain untuk dipakai sendiri, Anda juga bisa menghadiahkannya untuk teman wanita Anda, lho.


1. Sesuaikan dress code dengan tema pesta yang diadakan


Saat Anda menerima undangan pesta Natal, sebaiknya tanyakan juga dress code atau tema yang dipilih. Anda bisa lebih mudah menentukan pakaian yang hendak digunakan sesuai dengan tema pesta yang diadakan. Berikut akan kami share beberapa tema pesta Natal serta inspirasi baju pesta yang bisa dipilih. 


White Christmas: Dress putih yang melambangkan kesucian

White Christmas: Dress putih yang melambangkan kesucian

Tema white Christmas cukup sering digunakan pada pesta-pesta Natal, baik pesta di rumah, restoran, maupun gereja. Natal yang suci memang identik dengan warna putih. Sesuai tema pestanya, Anda bisa mengenakan baju dengan warna dominan putih.


Sebaiknya, sesuaikan baju putih dengan warna kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit sawo matang, pakailah warna putih gading agar tidak terlihat terlalu kontras. Sebaliknya, bila Anda memiliki warna kulit putih pucat atau kuning langsat, Anda bisa memakai baju warna putih mutiara.


Gatsby Christmas: Pakaian bernuansa gold, silver, atau yang berkesan glamor

Gatsby Christmas: Pakaian bernuansa gold, silver, atau yang berkesan glamor

Kata gatsby langsung mengarah ke sesuatu yang glamor dan mewah. Tema pesta ini biasa dipakai untuk pesta dengan teman kantor, teman satu geng, atau pesta informal lainnya. Terinspirasi dari film Great Gatsby, Anda bisa mengenakan dress formal berwarna emas atau perak dengan sedikit sentuhan gliter


Di sisi lain, Anda juga bisa memakai pakaian pesta ala tahun 1920-an seperti dress dengan model fringe atau ber-layer. Jika tidak menemukannya, cari saja dress full payet atau beaded embroidery supaya penampilan tampak lebih berkilau dan memukau. 


Groovy Christmas: Dress vintage atau full color yang ceria

Groovy Christmas: Dress vintage atau full colour yang ceria

Pesta Natal tak harus selalu tampak elegan dan formal. Anda mungkin saja akan menemukan tema pesta Natal yang fun dan spiritful seperti a Groovy Christmas. Sesuai namanya, pesta Natal kali ini bertema vintage ala hippie groupies dan full colour.


Dress dengan lengan lonceng, kerah sabrina, dan colorful dress adalah poin utamanya. Namun, jika tidak memiliki dress sejenis itu, Anda bisa memakai dress vintage ala 70-an atau boho style dress. Memakai dress mini bermotif floral juga bisa dijadikan pilihan. Agar tema Natal tetap terasa, jangan lupa untuk menambahkan aksesori Natal, ya!

Comfort and joy: Baju jenis apa pun yang nyaman dikenakanComfort and joy: Baju jenis apa pun yang nyaman dikenakan

Tema Natal ini biasa dipakai untuk pesta yang diadakan di rumah. Namun, tak jarang pesta Natal di kantor juga memilih tema ini. Sesuai namanya, pilih pakaian paling nyaman yang bisa membuat Anda enjoy dan bahagia di pesta.


Casual dress seperti A-line dress, straight dress, atau blus dan rok bisa dijadikan pilihan. Namun, jika Anda lebih nyaman memakai celana dengan blus, tidak masalah! Tentunya pesta ini ingin Anda tampil menjadi diri sendiri tanpa perlu repot memikirkan dress code.



2. Pilih model baju Natal yang sesuai dengan acaranya


Saat memilih jenis baju pesta Natal, sesuaikan juga dengan tingkat formalitas pesta. Dengan begitu, Anda akan terlihat makin percaya diri saat menghadiri pesta tersebut. Berikut ini adalah inspirasi beberapa model baju pesta yang bisa dijadikan pertimbangan. 


Pesta di kantor: Midi dress yang sopan dan elegan

Pesta di kantor: Midi dress yang sopan dan elegan

Saat menghadiri pesta Natal dari kantor atau partner bisnis, cara berpakaian Anda tentu harus lebih sopan dan elegan. Jika Anda ingin tampil cantik, tetapi tidak suka menggunakan gaun yang terlalu berlebihan, pilihannya adalah midi dress.


Midi dress adalah gaun yang panjangnya setara dengan betis penggunanya. Jika Anda termasuk wanita yang tinggi, midi dress akan membuat Anda tampak lebih elegan lagi. Anda bisa memadukannya dengan sepatu hak tinggi agar terlihat makin menarik. Perhatikan juga atasan dari dress tersebut memiliki model yang sopan ataupun tertutup.


Pesta bersama teman: Baju Natal yang sesuai dengan tema pesta

Pesta bersama teman: Baju Natal yang sesuai dengan tema pesta

Menghadiri pesta bersama teman artinya Anda bisa menjadi diri sendiri. Kenakanlah pakaian ternyaman versi Anda. Namun, supaya tetap stylish dan tidak salah kostum, sesuaikan baju dengan tema pesta. Inspirasi baju pesta Natal yang disesuaikan dengan tema sudah kami berikan di bagian sebelumnya. Di samping itu, Anda juga bisa mengenakan pakaian yang netral seperti A-line dress atau shift dress.



Pesta di rumah: Pakaian yang nyaman dan adem digunakan

Pesta di rumah: Pakaian yang nyaman dan adem digunakan

Untuk pesta Natal dan Christmas dinner di rumah, pakailah pakaian yang nyaman. Bila Anda menjadi tuan rumah, Anda mungkin akan sibuk menyiapkan makanan dan minuman serta menjamu para tamu. Jadi, baju berbahan adem is a must


Tips lainnya adalah mengenakan pakaian yang membuat Anda bebas bergerak, seperti loose dress. Tinggal gunakan mules atau flat shoes agar Anda tetap nyaman bergerak. 



Christmas dinner bersama pasangan: Dress yang anggun dan femininChristmas dinner bersama pasangan: Dress yang anggun dan feminin

Dress dengan gaya feminin sangat cocok untuk acara makan malam Natal bersama pasangan. Anda dapat memilih long dress ataupun midi dress yang elegan ataupun manis. Aksen ruffle dan pita pada busana juga dapat dipilih untuk menambah kesan manis. Selain itu, tidak ada salahnya juga memilih dress dengan potongan yang sedikit terbuka, tetapi tetap elegan.



3. Ketahui tema dan tren warna baju Natal 2022Ketahui tema dan tren warna baju Natal 2022

Baju Natal selalu identik dengan warna merah dan hijau. Selain kedua warna tersebut, warna yang juga sering dipilih saat Natal adalah putih, emas, dan biru tua. Namun, Anda tak harus selalu mengenakan warna-warna tersebut setiap tahunnya. Nah, tema dan tren warna baju Natal tahun 2022 yang kekinian adalah sebagai berikut:

  • Variasi warna ungu seperti pada palet Very Peri, Pantone Color of The Year 2022. Varian warna ungu ini memiliki tone dingin yang terinspirasi dari Metaverse. Warna Very Peri pun menjadi salah satu tren warna selama 2022, termasuk untuk tema Natal 2022.

  • Warna metalik dan warna-warna yang sparkly atau mengilat. 

  • Seperti pada 2021, variasi warna hijau, seperti hijau sage, celery green, dan emerald green, juga masih menjadi tren. 

  • Warna-warna soft pastel, seperti dusty pink, mocca, mauve, dan lilac.

Sementara itu, desain dan bahan dress pesta Natal yang akan banyak Anda temukan pada tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  • Dress Natal dengan bahan-bahan yang mengilat, seperti satin dan organza.

  • Dress Natal berbahan renda atau tule yang manis.


Tunggu apa lagi? Pastikan kamu sudah menentukan Outfit yang pas untuk persiapan Natal menjelang akhir tahun 2023 ini.


Mau bikin Outfit yang custom dan lain dari yang lain?


Percayakan kepada Mitra Callme dongg, Penjahitnya bisa langsung hadir ke lokasi kamu semudah klik! dari Aplikasi aja lho..


Artikel di atas telah tayang di id.my-best.com dengan judul “10 Rekomendasi Baju Natal Terbaik Untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)"

Kreator dan Penyunting: Dian WN (Editor mybest Indonesia)



Berita Terkait